Hataman Kitab Tafsir al-Fatihah

 

Alhamdulillah, kupanjatkan puji syukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepadaku, sehingga pada Ramadan tahun 2020 ini, aku masih diberi anugerah berupa kesempatan untuk menyempurnakan bacaan terhadap salah satu Tafsir yang ditulis oleh seorang Ulama Indonesia, yaitu Tafsir Surat al-Fatihah yang dikumpulkan dan disalin dengan sangat baik KH. Yasin Asymuni. Secara umum, Tafsir ini banyak menukil dari kitab Tafsir Mafatihul Ghaib karya Imam Fakhruddin Arrazi.

Dua Ramadan saya habiskan untuk membaca kitab ini, dalam sehari bisa dua kali membaca. Alhamdulillah, segalanya lancar. Di tahun ketiga pengabdianku di Ponpes Baitul Mubarok ini, Allah selalu memberikan saya nikmat sempat untuk menghatamkan beberapa kitab yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ramadan dua tahun lalu, alias ramadan pertamaku di sini, Allah memberikan saya anugerah dengan kesempatan menghatamkan kitab Tafsir Surat Yasin yang ditulis oleh Syeikh Hamami Zadah. Semua ini adalah anugerah besar dalam hidup saya. Semoga terus membuahkan berkah. Amin

Aku sungguh terharu dan perasaan hati tiada terlukiskan dengan segala anugerah yang diberikan oleh Allah kepadaku secara cuma-cuma. Daku hanyalah santri biasa dari Ponpes Al-Jihad yang kebetulan ditugas untuk mengabdi di Pesantren Baitul Mubarok ini. Sewaktu belajar di Ponpes Al-Jihad tercinta, aku hanyalah santri biasa juga yang pernah disuruh berdiri sambil ngangkat bangku kurang lebih 2 jam karena tidak hafal Nadzom Aqidatul Awam. Namun, hari ini aku bisa mengajar dan menjelaskan beberapa kitab-kitab yang –menurutku- cukup berat.

Ini semua adalah anugerah dari Allah, semoga Allah tidak pernah memutus anugerah-Nya yang ini. Aku mungkin kuat hidup dengan sederhana tanpa gelimang materi, tapi sepertinya aku tak akan kuat hidup tanpa mengabdi dan menjadi santri..

 

Komentar